KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM PROGRAM LITERASI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH
Abstract
Pustakawan mengalami metamorfosa. Sebelum memasuki abad ke 21, pustakawan mengelola perpustakaan dengan cara yang tradisional. Kini informasi disediakan dan dilayankan dengan melibatkan teknologi informasi sehingga dapat diperoleh dengan lebih banyak dan lebih cepat. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pustakawan. Program Literasi Informasi menjadi salah satu jalan menjembataninya.
Memiliki keahlian dan pemahaman yang baik mengenai literasi informasi tidak menjamin program literasi informasi di perguruan tinggi berhasil dijalankan. Tulisan ini menggambarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan dalam pelaksanaan program literasi informasi. Pustakawan yang memiliki kompetensi tinggi dapat menyingkirkan hambatan, menerima tantangan dan meraih peluang.
Diharapkan pustakawan pada umumnya dan pustakawan perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah pada khususnya terus meningkatkan kompetensi. Pustakawan harus ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas akademis mahasiswa, kualitas layanan perpustakaan, dan kualitas perguruan tinggi.