ALITERASI DALAM PEMBUATAN SKRIPSI
Abstract
Beberapa program studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah memasukkan pelatihan literasi informasi yang diampu oleh pustakawan dalam silabus mata kuliah metode penelitian. Penulisan skripsi, tinjauan pustaka dan landasan teori telah diajarkan oleh dosen metodologi penelitian. Pustakawan melengkapinya dalam pelatihan literasi informasi agar mahasiswa dapat menentukan topik penelitian, menemukan informasi yang mendukung, mengevaluasi informasi yang diperoleh dan menuliskan dengan benar. Kajian ini berdasarkan pada observasi terhadap daftar pustaka skripsi dan wawancara kepada mahasiswa UMY yang telah mengikuti pelatihan literasi informasi.
Diperoleh hasil bahwa evaluasi yang dilakukan menemukan aliterasi dalam penulisan skripsi disebabkan oleh mahasiswa pribadi, lingkungan yang belum mendukung dan peraturan yang belum mengikat. Kajian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan literasi informasi dan bahan evaluasi anggaran melanggan database e-jurnal di perpustakaan UMY. Lebih lanjut, pimpinan Universitas dapat membuat aturan dan persyaratan atas pemakaian artikel ilmiah dari jurnal berkualitas dalam tugas akhir mahasiswa.