E-COMMERCE SEBAGAI AGEN KONSUMSI DI ERA MEDIA BARU
Abstract
Di Indonesia bisnis berbasis online sudah mulai jamak. Raksasa-raksasa bisnis online seperti bukalapak.com, olx.co.id, lazad.com, dan sejenisnya sudah mulai menuai untung. Bisnis online menjadi bisnis yang menarik, bukan hanya bagi pendirinya, namun bagi user, maupun pembelinya. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana bisnis online tidak hanya sebagai situs jual beli online, namun menjadi bagian dari budaya massa baru dalam konsumsi. Kesimpulannya e-commerce tidak semata-mata hanya sebagai medium perdagangan. Brand bisnis online menjadi sebuah “tanda”yang mengacu pada makna konsumsi. Virtualitas menjadi acuan. Selain itu situs e-commerce menjadi media sekaligus pesan konsumsi yang masuk dalam areal domestik. Di era masyarakat konsumsi bisnis online membangun konstruksi pada simbol, kelas sosial, dan prestice sosial. Bisnis online adalah bentuk nyata virtual culture di era media baru. Bisnis berbasis online menjadi solusi ruang dan waktu dalam konsumsi.