dc.description | Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan metode role playing
dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas X mia 1 di SMA Muhammadiyah 5
Yogyakarta, (2) untuk mengetahui efektivitas metode role playing pada
pembelajaran Akidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dan (3)
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode role playing di
SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan atau
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu (1) observasi, (2)
wawancara, dan (3) dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifkasi.
Hasil penelitin mennujukkan bahwa : (1) penerapan metode role playing
pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas X mia 1 di SMA Muhammadiyah 5
Yogyakarta sudah diakui guru Akidah Akhlak sangat baik karena dilihat dari
siswa menjadi lebih aktif, antusias, tidak menjadikan siswa bosan, dan siswa
menjadi lebih menyukai pembelajaran Akidah Akhlak. (2) tolak ukur yang
dijadikan efekvitas metode role playing pada pembelajaran Akidah Akhlak belajar
yang diperoleh siswa juga baik. (3) faktor pendukung dari metode role playing ini
yaitu menyenangkan, guru dapat menerapkan metode role playng pada
pembelajaran dengan baik, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor
penghambatnya yaitu memakan waktu yang cukup banyak. membutuhkan ruang
kelas yang luas dan adanya sarana dan prasarana yang rusak. | en_US |