View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TERHADAP SIKAP DAN CARA BERFIKIR KREATIF UNTUK BEKERJASAMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (34.13Kb)
      HALAMAN JUDUL (701.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (412.5Kb)
      ABSTRAK (17.22Kb)
      BAB I (160.6Kb)
      BAB II (37.00Kb)
      BAB III (212.3Kb)
      BAB IV (171.1Kb)
      BAB V (9.945Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (145.8Kb)
      LAMPIRAN (541.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (130.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      KURNIA, HANIZAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tanggung jawab untuk melayani pasien agar mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan haruslah dengan sikap bekerjasama. Permasalahan pasien yang beragam memerlukan keterlibatan lebih dari satu macam tenaga kesehatan. Akhirnya diadakannya kelompok studi Interprofessional Education yang merupakan praktek kolaboras i dengan memadukan ilmu keterampilan, sikap, dan perilaku professional. Sikap tersebut membutuhkan kemampuan berfikir yang kreatif. Kreatifitas menjadi ukuran yang mampu menempatkan diri dalam bersikap dan berperilaku dapat membantu dalam bekerja berkolabor asi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik secara Stratified Random Sampling. Sampel merupakan 221 mahsiswa FKIK UMY, yaitu 84 mahasiswa PSPD, 46 mahasiswa PSPDG, 39 mahsiswa Farmasi dan 52 mahasiswa PSI K yang seluruhnya memenuhi kriteri inklusi. Pengambilan data dengan berpedoman pada kuisioner cara berfikir krea Kruskall-Walis. Hasil penelitian menunjukkan termsuk dalam kategori baik untuk pengaruh cara berfikir kreatif mahasiswa FKIK UMY yang terpapar IPE pada tahun ketiga yaitu 76,5% (125 mahasiswa dari 221) masuk dalam kategori baik dan sikap untuk bekerjasama mahsiswa FKIK UMY yaitu 80,3% (135mahasiswa dari 221) masuk kedalam kategori baik. Dari hasil uji tersebut memperlihatkan hasil bahwa kedua kuisioner cara berfikir kreatif dan sikap untuk bekerjasama keduanya tidak adanya perbedaan yang siginifikan (p>0,05) diantara seluruh mahasiswa FKIK UMY. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20759
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV