PEER DAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SAAT PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM D-III KEPERAWATAN
Abstract
Latar belakang: Penerapan metode assesment tidak banyak mendapatkan perhatian. Proses assesment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa akibatnya mahasiswa tidak interest terhadap proses pembelajaran dengan metode assesment yang ada sehingga mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa saat praktik lapangan pada kelompokpeer dan authentic assesment dengan kelompok authentic assesment. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non experiment dengan rancangan penelitian deskriptive komparatif. Subyek penelitian mahasiswa STIKES An Nur semester VI D III perawat dengan total sampling, jumlah responden 119 mahasiswa. Normalitas data dengan kolmogorov-smirnov test dengan hasil <0,001. Analisis data menggunakan wilcoxon dan Mann Whitney test. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian terdapat perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah peer dan authentic assesment pada kelompok A dan authentic assesment pada kelompok B dengan hasil <0,001. Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelompok A dan kelompok B dengan hasil <0,001. Peer assesment dilakukan antar mahasiswa sehingga memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam penilaian, mahasiswa menjadi aktif, percaya diri dan termotivasi dalam belajar. Kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa D III Keperawatan STIKES An Nur Purwodadi saat praktik klinik lapangan.