View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS HUBUNGAN KECELAKAAN TERHADAP PENGETAHUAN BERKENDARA DI SIMPANG SONOSEWUSONOPAKIS, KASIHAN, BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (36.50Kb)
      HALAMAN JUDUL (145.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (171.1Kb)
      ABSTRAK (17.57Kb)
      BAB I (28.80Kb)
      BAB II (88.71Kb)
      BAB III (236.1Kb)
      BAB IV (727.0Kb)
      BAB V (19.86Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (22.28Kb)
      LAMPIRAN (23.66Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (284.2Kb)
      Date
      2018
      Author
      ANGGRAINIE, VINNY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      alan Sonosewu-Sonopakis, Kasihan, Bantul merupakan jalan lokal primer yang memiliki dua simpang yang saling berdekatan dan cenderung terjadi pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu diperlukan analisis perilaku berkendara terhadap faktor penyebab kecelakaan lalu lintas karena pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi di daerah studi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara secara langsung menggunakan statistik kuisioner kepada pengguna jalan di daerah studi, dan untuk pengolahan data digunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3.539 pelanggaran yang terjadi di daerah studi dalam waktu 60 menit. Jenis kecelakaan terbanyak adalah tabrakan depan-samping, kendaraan yang sering mengalami kecelakaan adalah sepeda motor, korban terbanyak menurut jenis kelamin adalah laki-laki dan korban paling banyak mengalami luka ringan. Pengertian pengetahuan berkendara yang baik didominasi oleh jenis kelamin perempuan dan menurut rentang umur berkisar antara 41-50 tahun. Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor kecelakaan terhadap pengetahuan berkendara berdasarkan faktor umur. Hasil analisis terhadap faktor kecelakaan terhadap pengetahuan berkendara berdasarkan faktor jenis pekerjaan mendapatkan hasil yang tidak signifikan atau tidak berpengaruh. Penelitian ini menunjukkan perlu adanya sosialisasi, edukasi dan kampanye kesadaran keselamatan di simpang bersinyal guna meningkatkan perilaku mengemudi yang baik di daerah studi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20871
      Collections
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV