View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN DENGAN METODE ANTRIAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (107.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (440.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (128.8Kb)
      ABSTRAK (210.4Kb)
      BAB I (117.5Kb)
      BAB II (410.4Kb)
      BAB III (228.2Kb)
      BAB IV (676.7Kb)
      BAB V (198.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (215.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (544.7Kb)
      LAMPIRAN (2.165Mb)
      Date
      2018-08-27
      Author
      FEBRIANTA, NANDA SURYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Meningkatnya jumlah kunjungan pasien di Instalasi farmasi rawat jalan RS Pku Muhamadiyah Bantul pada tahun 2016, berimbas terhadap jumlah resep yang harus dilayani oleh petugas semakin tinggi. Hal ini menyebabkan antrian yang panjang karena proses pelayanan menjadi lambat sehingga berpengaruh juga terhadap waktu tunggu yang lama. Metode: Penelitian ini berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study), dari sampel yang diambil dan untuk mendukung pendekatan ini, maka peneliti juga melakukan pengamatan dengan melakukan observation interview Hasil dan Pembahasan: Dari hasil menggunakan metode antrian diperoleh kondisi antrian Farmasi Rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Bantul tidak steady-state (stabil). Rata-rata waktu tunggu pelayanan farmasi rawat jalan yaitu 39,23 menit dengan waktu terlama pelayanan mencapai 54,08 menit dan waktu tercepat 19,04 menit. Proses delay pelayanan pada merupakan yang paling berkontribusi besar yang mempengaruhi waktu pelayanan. Didapat faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pelayanan antara lain; Ketersediaan sdm, sarana prasarana, delay, jam sibuk pelayanan. Kesimpulan: Maka Dari hasil analisis di IFRS RS PKU Muhammadiyah Bantul diperoleh model antrian terbaik adalah M/M/2 FCFS/∞/∞ dengan pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson, waktu pelayanan pasien berdistribusi Poisson dan hasil, sebagai berikut: Lq =14,27; L = 16,15; Wq = 0,3036; W = 0,3436; Po=3,09%, serta Tingkat kesibukan petugas adalah 94%
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20936
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV