STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER ANAK DI KELUARGA (STUDI PADA DUSUN KRETEK KABUPATEN TEMANGGUNG)g
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Dusun Kretek Kabupaten Temanggung. 2) untuk mendiskripsikan pembinaan karakter anak di keluarga Dusun Kretek Kabupaten Temanggung. 3) untuk mengetahui implikasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter anak di keluarga Dusun Kretek Kabupaten Temanggung. 4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter anak di keluarga Dusun Kretek Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Kepala Dusun, orang tua dan anak. Teknik analisis data menggunakan teknik data reduksi, display data dan verifikasi data.
Penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama Islam sangatlah diperlukan orang tua dalam mengembangkan karakter pada anak. Akan tetapi dalam mengimplementasikan hal tersebut orang tua masih kurang dalam hal pemahaman agama Islam sehingga hal tersebut juga dapat mempengaruhi orang tua dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak terutama dalam mendidik anak sehari-hari. Sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap pembinaan karakter yang ada pada anak sendiri. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin kuat pemahaman orang tua dan keperdulian kepada anak tentang pendidikan agama Islam akan dapat memberikan pengaruh yang kuat dalam pembinaan karakter yang baik pada anak. Semakin kurangnya pemahaman orang tua dan keperdulian kepada anak tentang pendidikan agama Islam akan dapat memberikan pengaruh yang lemah dalam pembinaan karakter yang baik pada anak.