View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UMY

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (14.16Kb)
      HALAMAN JUDUL (14.43Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (141.9Kb)
      ABSTRAK (58.62Kb)
      BAB I (99.31Kb)
      BAB II (203.7Kb)
      BAB III (216.5Kb)
      BAB IV (361.1Kb)
      BAB V (88.70Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (140.1Kb)
      LAMPIRAN (116.5Kb)
      LAMPIRAN (116.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (132.3Kb)
      Date
      2018-08-27
      Author
      YUNIARTO, SIGIT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai rumah sakit pendidikan harus memiliki sistem informasi yang menunjang kegiatan dan aktivitas operasionalnya. Sistem informasi ini digunakan oleh mahasiswa dan manajemen RSGM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur usability pada penggunaan sistem informasi RSGM dilihat dari persepsi mahasiswa dan manajemen RSGM sebagai pengguna berdasarkan aspek usefulness, ease of use, ease of learning,dan satisfaction dengan menggunakan paket USE Questionnaire. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian kombinasi (mix methods) dengan desain campuran tidak berimbang (concurrent embedded). Populasi dalam penelitian ini adalah ko-ass RSGM UMY angkatan 2010-2012 dan manajemen RSGM. Jumlah sampel sebanyak 132 responden. Analisis data menggunakan uji komparatif 2 sampel independen parametrik (independent samples t-test) Hasil dan Pembahasan: diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 untuk semua aspek: usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa dan manajemen. Hal ini dapat dilihat dari data diolah berdasarkan jawaban responden dimana dari skala 1-7, rata-rata jawaban berdasarkan aspek usefulness untuk mahasiswa sebesar 4,18 sedangkan manajemen sebesar 5,28. Berdasarkan aspek ease of use untuk mahasiswa sebesar 4,18 sedangkan manajemen sebesar 5,32. Berdasarkan aspek ease of learning untuk mahasiswa sebesar 4,56 sedangkan manajemen sebesar 5,52. Berdasarkan aspek satisfaction untuk mahasiswa sebesar 3,64 sedangkan manajemen sebesar 4,99. Kesimpulan: Terdapat perbedaan persepsi berdasarkan aspek usefulness, ease of use, ease of learningdan satisfaction antara mahasiswa dan manajemen RSGM secara signifkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20974
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV