View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MODEL VERIFIKASI KLAIM BPJS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (114.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (822.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (731.9Kb)
      ABSTRAK (280.1Kb)
      BAB I (294.8Kb)
      BAB II (270.3Kb)
      BAB III (189.5Kb)
      BAB IV (369.4Kb)
      BAB V (167.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (94.90Kb)
      LAMPIRAN (458.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (269.0Kb)
      Date
      2018-08-27
      Author
      PUTRA, DINO AVINSA ANGGARA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Pada tanggal 1 januari 2014 pemerintah mulai mengoperasikan program jaminan kesehatan yang dinamakan dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Penerapan sistem tersebut menuntut seluruh rumah sakit mengikuti program tersebut dengan mengikuti formularium klaim yang pemerintah sudah tentukan. Salah satu masalah yang sering ditemui di rumah sakit adalah ketidaksesuaian pendapatan hasil klaim rumah sakit terhadap pembayaran dari BPJS yang cenderung membuat keuntungan rumah sakit menjadi berkurang. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping masih menemui masalah tersebut selama beberapa bulan akhir ini, sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan sebagai alur model verifikasi klaim BPJS pasien rawat inap yang baik. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan wawancara. Responden penelitian ini hanya yang berhubungan dengan klaim BPJS pasien rawat inap. Hasil penelitian : Tingkat permasalahan tertinggi pada aspek DPJP tidak lengkap mengisi rekam medis. Kedua pada aspek Verifikator BPJS rumah sakit tidak selalu di tempat. Ketiga, kurangnya persamaan persepsi antara verifikator BPJS dengan rumah sakit. Keempat, tarif yang didapatkan rumah sakit lebih kecil dibandingkan tarif klaim yang diajukan. Kelima, Coding atau Grouping diagnosis Ina-CBG’s yang tidak sesuai. Kesimpulan : Pelaksanaan verifikasi klaim BPJS oleh verifikator dan rumah sakit di RS PKU Muhammadiyah Gamping belum berjalan dengan baik. Penyebab ketidaksesuaian klaim BPJS di RS PKU Muhammadiyah Gamping adalah coding atau grouping diagnosis ke sistem INA-CBG’s yang belum sesuai.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20989
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV