dc.contributor.advisor | Nurwanto | |
dc.contributor.author | MARYANI, JUANYTA | |
dc.date.accessioned | 2018-09-03T02:10:57Z | |
dc.date.available | 2018-09-03T02:10:57Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21018 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran guru bimbingan dan
konseling. 2) mengetahui perubahan akhlak siswa setelah diadakannya bimbingan
dan konseling dalam meningkatkan akhlak Siswa Kelas VIII MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII, guru Akhlak dan guru BK yang
terdapat di MTs Muhammadiyah Kasihan, Bantul. Pengambilan data penelitian di
lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan analisis data,
kemudian menelaah seluruh data yang terkumpul dari hasil wawancara,
pengamatan, kemudian dilakukan reduksi data, display data dan pengambilan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Guru bimbingan dan konseling
memiliki peran dalam meningkatkan akhlak Siswa Kelas VIII MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul adalah dengan menggunakan teknik layanan
informasi dan teknik layanan konseling individu. Teknik layanan informasi terdiri
dari guru BK serta dewan guru yang lain memberikan contoh teladan kepada
siswa dengan bersikap dan berakhlaqul karimah. Hal ini bisa dilakukan guru
dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya sopan dalam berpakaian, santun
dalam berbicara, disiplin, dan lain sebagainya yang sekiranya siswa bisa
mencontoh kebiasaan guru yang baik sedangkan teknik layanan konseling
individu adalah mengunjungi siswa dirumah. 2) dari konseling yang dilakukan
oleh guru BK yang bekerja sama dengan guru Akhlak terdapat perubahan sikap
dari sebelum adanya pendampingan akhlak terhadap siswa dengan sesudah adanya
pendampingan akhlak siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran guru bimbingan dan
konseling. 2) mengetahui perubahan akhlak siswa setelah diadakannya bimbingan
dan konseling dalam meningkatkan akhlak Siswa Kelas VIII MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII, guru Akhlak dan guru BK yang
terdapat di MTs Muhammadiyah Kasihan, Bantul. Pengambilan data penelitian di
lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan analisis data,
kemudian menelaah seluruh data yang terkumpul dari hasil wawancara,
pengamatan, kemudian dilakukan reduksi data, display data dan pengambilan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Guru bimbingan dan konseling
memiliki peran dalam meningkatkan akhlak Siswa Kelas VIII MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul adalah dengan menggunakan teknik layanan
informasi dan teknik layanan konseling individu. Teknik layanan informasi terdiri
dari guru BK serta dewan guru yang lain memberikan contoh teladan kepada
siswa dengan bersikap dan berakhlaqul karimah. Hal ini bisa dilakukan guru
dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya sopan dalam berpakaian, santun
dalam berbicara, disiplin, dan lain sebagainya yang sekiranya siswa bisa
mencontoh kebiasaan guru yang baik sedangkan teknik layanan konseling
individu adalah mengunjungi siswa dirumah. 2) dari konseling yang dilakukan
oleh guru BK yang bekerja sama dengan guru Akhlak terdapat perubahan sikap
dari sebelum adanya pendampingan akhlak terhadap siswa dengan sesudah adanya
pendampingan akhlak siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | bimbingan konseling, akhlak | en_US |
dc.title | PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FSAI
127 | en_US |