View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TANGGAPAN WISATAWAN TERHADAP KUALITAS ATRIBUT TUJUAN WISATA (ATTRACTIONS, ACCESSIBILITY, AMENITIES, AVAILABLE PACKAGES, ACTIVITIES, AND ANCILLARY SERVICES) YANG DITAWARKAN DESA WISATA PENTINGSARI KABUPATEN SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (129.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (540.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (234.8Kb)
      ABSTRAK (131.2Kb)
      BAB I (374.5Kb)
      BAB II (1.020Mb)
      BAB III (482.7Kb)
      BAB IV (95.70Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (114.4Kb)
      LAMPIRAN (628.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (445.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      AIMAH, HARMA USWATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Banyaknya desa wisata yang bermunculan dan menunjukkan perkembangannya menjadi salah satu faktor penurunan jumlah wisata tersebut. Sehingga dalam rangka memenuhi standar dan meningkatkan objek wisata diperlukan suatu kajian untuk melihat kualitas dari objek wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan wisatawan terhadap kualitas atribut destinasi wisata yang terdiri dari komponen 6A (Attractions, Accessibility, Available Packages, Activities, and Ancillary Service). Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa tanggapan wisatawan terhadap atribut yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari dipersepsikan positif terhadap beberapa komponen atribut wisata yakni sebagai destinasi wisata alam dan wisata budaya (attractions), memiliki aksesibilitas yang mudah dijangkau dengan kondisi jalan yang baik, adanya penerang jalan,dan papan petunjuk jalan membantu wisatawan menuju lokasi (accessibility), memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan seperti akomodasi/penginapan, toilet umum, kebersihan lingkungan dan air bersih, serta lahan parkir (amenities), menyediakan paket perjalanan dengan biro wisata dan memberi layanan paket wisata yang sebanding dengan harga yang dibayarkan (available packages), memiliki suasana yang mendukung untuk beristirahat dan mempunyai aktivitas yang dapat memberi pengalaman langsung terkait eksplorasi alam, budaya, kuliner khas, dan bakti sosial (activities), adanya layanan tambahan yang memberi kemudahan jaringan telekomunikasi, memiliki pemandu yang ramah, informatif dan komunikatif (available packages). Kategorisasi aspek lain belum sepenuhnya dipersepsikan positif oleh wisatawan karena belum mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan seperti ketersediaan sarana transportasi umum, fasilitas toko cinderamata, dan layanan pusat informasi. Secara tidak langsung persepsi positif dapat menarik jumlah kunjungan, kepuasan, dan loyalitas wisatawan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21102
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV