MANAJEMEN KNOWLEDGE
Abstract
Manajemen knowledge merupakan sebuah strategi yang berupa proses untuk mencapai tujuan dari organisasi. Kata knowledge sendiri berarti dalam bahasa Indonesia sebagai pengetahuan, sedangkan manajemen merupakan sebuah strategi dalam menjalankan organisasi berupa mengatur, mengolah maupun menata agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Sehingga, knowledge manajemen menginginkan sebuah pengaturan, pengolahan, maupun penataan pengetahuan agar dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan. Dalam keseharian knowledge terdiri dari dua jenis yaitu tacit dan explicit. Ada banyak sekali penelitian yang membahas tentang manajemen knowledge sehingga menyediakan bukti-bukti empiris tentang praktiknya. Dari sisi lain, pandangan moderen memaksa para praktisi manajemen knowledge saat ini untuk mengintegrasikan dengan teknologi informasi sesuai dengan perkembangannya. Banyak sekali kebutuhan yang mendesak praktisi untuk mengimplementasikan teknologi informasi. Sehingga, dalam pandangan ini, kesiapan dari infrastruktur teknologi informasi pun sangatlah diperlukan.