View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI IMAJI TENTANG “KOTA” DALAM IKLAN PROPERTI

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (774.8Kb)
      BAB II (836.7Kb)
      BAB III (1.486Mb)
      BAB IV (289.2Kb)
      COVER (360.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (407.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (639.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (349.7Kb)
      LAMPIRAN (526.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (801.1Kb)
      Date
      2018
      Author
      SAPUTRA, DIMAS ANDIKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Iklan menggunakan bahasa (verbal, simbol, gambar, dan lain sebagainya) sebagai representasi dalam proses penyampaian pesan. Sepertihalnya iklan properti di Indonesia yang telah banyak mendistrorsi akibat dari penggunaan citra dan ideologi mengenai imaji kota ideal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana imaji tentang kota direpresentasikan dalam iklan properti Meikarta versi “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”, Agung Podomoro Land versi “Harmony Property”, dan Agung Sedayu City @Kelapa Gading di Televisi menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan properti telah banyak mengkontruksi dengan membandingkan imaji negatif Kota Jakarta dengan imaji kota yang ditampilkan dalam iklan. Konsep rumah dan kota yang ditawarkan oleh iklan properti pada saat ini sangatlah sederhana, yaitu di mana tempat penghuni menghindarkan diri dari terjangan keburukan kota Jakarta, tempat di mana fasilitas dapat menyediakan jawaban terhadap keburukan itu. Kedua, ideologi modernis dan konsumerisme lahir sebagai “citra cermin” dengan memainkan peran penting dalam memfasilitasi dan merangsang gaya hidup Dan pada akhirnya tak heran apabila pujian terhadap perspektif kelas menengah lebih baik dan secara tidak langsung telah merendahkan mereka yang tinggal di posisi bawah. Terakhir, dalam iklan proprti telah bergulir sebuah wacana pendisiplinan dan bio-power. Wacana tersebut digunakan untuk menundukan tubuh masyarakat kota dalam meminimalisasikan tindakan-tindakan yang sulit diperhitungkan melalui model panoptisme.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21156
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV