View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PEMBELAJARAN SKILL LAB KEPERAWATAN DI STIKES PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (18.81Kb)
      HALAMAN JUDUL (748.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (448.4Kb)
      ABSTRAK (92.67Kb)
      BAB I (184.1Kb)
      BAB II (396.7Kb)
      BAB III (127.9Kb)
      BAB IV (928.2Kb)
      BAB V (87.93Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (168.9Kb)
      LAMPIRAN (2.193Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (483.4Kb)
      Date
      2018-09-10
      Author
      WARDANI, IKA KUSUMA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Evaluasi pembelajaran skill lab sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi keperawatan. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis pembelajaran skill lab yang difokuskan pada perencanaan, penerapan, evaluasi dan hambatan yang muncul. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana perencanaa, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan yang ditemukan pada pembelajaran skills lab di di STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualititaf dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu: Focus group discussion melibatkan 12 mahasiswa keperawatan semester 2; wawancara dengan 7 informan; Observasi pembelajaran skill lab dan studi dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan skill lab keperawatan meliputi sumber daya manusia, kurikulum, fasilitas, mahasiswa dan sosialisasi. Pelaksanaan pembelajaran skill lab dimulai dengan pre test, penjelasan teori, demonstrasi dan redemonstrasi oleh mahasiswa dengan pendampingan dosen. Evaluasi dilakukan melalui metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination) dengan membentuk tim manajemen OSCE, menyiapkan lingkungan yang mirip dengan klinik, menggunakan scenario kasus dan pasien standar. Mahasiswa teruji melakukan pengkajian, menentukan diagnosa, implementasi, evaluasi dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian bahwa proses pembelajaran skill lab memiliki karakteristik khusus karena bertujuan untuk menguasai keterampilan keperawatan sehngga dibutuhkan perencanaan, implementasi, evaluasi harus dilakukan secara bersama dan berkesinambungan. Hambatan yang umum adalah keterbatasan fasilitas lab dan kesempatan siswa untuk berlatih secara mandiri dan pendampingan dosen yang belum optimal.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21312
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV