View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIFITAS KOMBINASI TERAPI PSIKOEDUKASI DAN GUIDED IMAGERY TERGADAP KECEMASAN DAN DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELITUS DENGAN STROKE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (81.74Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (222.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (198.5Kb)
      ABSTRAK (23.03Kb)
      BAB I (89.51Kb)
      BAB II (184.0Kb)
      BAB III (122.0Kb)
      BAB IV (247.6Kb)
      BAB V (24.86Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (271.9Kb)
      LAMPIRAN (1.466Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (500.8Kb)
      Date
      2018-09-10
      Author
      NURHAYATI, PIPIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Perubahan fisik, psikologis, maupun sosial merupakan perubahan yang terjadi akibat dari berbagai komplikasi yang mengiringi penyakit DM dengan stroke. Pada umumnya perubahan psikologis yang terjadi antara lain stres, kecemasan dan depresi. Psikoedukasi dan guided imagery merupakan salah satu jenis intervensi psikologis yang telah terbukti efektif untuk mengatasi depresi. Tujuan :Mengetahui efektifitas pemberian kombinasi terapi psikoedukasi dan guided imagery terhadap kecemasan dan depresi pada pasien DM dengan stroke di RSUD Sleman Metode:Jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan pre test-post test one group design without control group. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, jumlah 10 orang. Data dianalisis dengan uji t-tes independen dan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Hasil : Hasil uji t-tes independen pada kecemasan didapatkan p value= 0,000, yang berarti ada perbedaan nilai/skor kecemasan sebelum dan sesudah diberikan kombinasi terapi psikoedukasi dan guided imagery. Hasil uji t-tes independen pada depresi didapatkan p value=0,002, yang berarti ada perbedaan nilai/skor depresi sebelum dan sesudah diberikan kombinasi terapi psikoedukasi dan guided imagery. Kesimpulan: Terapi Kombinasi psikoedukasi dan guided imagery dapat menurunkan nilai/skor kecemasan dan depresi pada pasien DM dengan stroke. Perawat disarankan dapat mengaplikasikan terapi kombinasi psikoedukasi dan guided imagery dalam mengatasi masalah psikologi (kecemasan dan depresi).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21318
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV