dc.contributor.advisor | IMAN, MARSUDI | |
dc.contributor.author | KURNIAWAN, FAJAR | |
dc.date.accessioned | 2018-09-24T01:27:41Z | |
dc.date.available | 2018-09-24T01:27:41Z | |
dc.date.issued | 2017-12-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21480 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017, (2) Mengetahui metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sumber data dari Pengurus Harian, Badan Pengurus Harian dan Pengurus aktif IMM FAI UMY 2016/2017 serta dokumen yang ada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisa menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode deduktif.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan IMM FAI UMY terdapat empat nilai pendidikan Islam, yaitu: Nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak dan nilai pendidikan muamalah. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut terlaksana dalam kegiatan-kegiatan di enam bidang dari jumlah total delapan bidang. yang ada di IMM FAI UMY. (2) Adapun dalam penanaman nilai pendidikan Islam melalui lima metode yaitu: metode diskusi, percakapan, keteladanan, qisah (cerita), serta latihan dan pengamalan. (3) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam adalah pihak Fakultas Agama Islam UMY, Senior IMM FAI UMY, Pengurus IMM FAI UMY mudah untuk bekerja sama, motivasi tinggi dari Pimpinan IMM FAI UMY yang ingin membangun organisasi IMM FAI UMY, kekompakan Pimpinan IMM FAI UMY dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan. Sedangkan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam adalah kurangnya pengertian atau perhatian dari ketua bidang maupun sekretaris bidang terhadap para anggotanya, dan beberapa kader IMM FAI UMY lebih aktif di organisasi lain dari pada organisasi IMM FAI UMY sendiri. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017, (2) Mengetahui metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan organisasi IMM FAI UMY 2016/2017
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sumber data dari Pengurus Harian, Badan Pengurus Harian dan Pengurus aktif IMM FAI UMY 2016/2017 serta dokumen yang ada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisa menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode deduktif.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan IMM FAI UMY terdapat empat nilai pendidikan Islam, yaitu: Nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak dan nilai pendidikan muamalah. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut terlaksana dalam kegiatan-kegiatan di enam bidang dari jumlah total delapan bidang. yang ada di IMM FAI UMY. (2) Adapun dalam penanaman nilai pendidikan Islam melalui lima metode yaitu: metode diskusi, percakapan, keteladanan, qisah (cerita), serta latihan dan pengamalan. (3) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam adalah pihak Fakultas Agama Islam UMY, Senior IMM FAI UMY, Pengurus IMM FAI UMY mudah untuk bekerja sama, motivasi tinggi dari Pimpinan IMM FAI UMY yang ingin membangun organisasi IMM FAI UMY, kekompakan Pimpinan IMM FAI UMY dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan. Sedangkan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam adalah kurangnya pengertian atau perhatian dari ketua bidang maupun sekretaris bidang terhadap para anggotanya, dan beberapa kader IMM FAI UMY lebih aktif di organisasi lain dari pada organisasi IMM FAI UMY sendiri. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Nilai, Pendidikan Islam, Kegiatan, Organisasi dan IMM | en_US |
dc.title | PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN ORGANISASI IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PERIODE 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |