View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA SEBAGAI PEDAGANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (29.90Kb)
      HALAMAN JUDUL (687.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (548.4Kb)
      ABSTRAK (244.5Kb)
      BAB I (547.0Kb)
      BAB II (240.8Kb)
      BAB III (805.7Kb)
      BAB IV (158.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (114.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (209.2Kb)
      JURNAL (675.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      MUNTAZARI, FATHI YAKAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini mengungkap representasi etnis Tionghoa sebagai pedagang yang ditampilkan dalam film Cek Toko Sebelah. Film yang dengan sutradara Ernest Prakasa ini dirilis pada akhir tahun 2016. Film Cek Toko Sebelah bercerita mengenai kehidupan etnis minoritas di perkotaan yakni kehidupan etnis Tionghoa yang berprofesi sebagai pedagang dalam menjalani kesehariannya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam melihat tanda-tanda yang dimunculkan dalam film Cek Toko Sebelah adalah metode analisis semiotik John Fiske. Metode semiotik John Fiske menggunakan tiga level yakni level realitas, level represntasi dan level ideologi. Dalam penelitian ini terdapat tiga kategori yang menjadi temuan peneliti, yaitu Etnis Tionghoa dalam Berdagang, Relasi Antara Etnis Tionghoa dan Non-Tionghoa dalam Berdagang dan Pemukiman dan Daerah Strategis Etnis Tionghoa dalam Berdagang. Hasil penelitian film Cek Toko Sebelah ini ingin menunjukkan bentuk-bentuk representasi kehidupan etnis Tionghoa sebagai pedagang. Bentuk representasi dari ketiga kategori yang menjadi temuan peneliti dapat memberikan stereotip baru kepada khalayak antara etnis Tionghoa dengan etnis Pribumi dalam bentuk sebuah interaksi yang terjadi dalam film Cek Toko Sebelah yang menjadi objek dari penelitian ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21571
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV