Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorMUFID, WAKHID ABDURRAHMAN
dc.date.accessioned2018-10-05T02:45:53Z
dc.date.available2018-10-05T02:45:53Z
dc.date.issued2018-05-17
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21736
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah mengetahui jalur pengembangan kurikulum PAI untuk penguatan karakter dan hambatan serta solusi dalam pelaksanaan penguatan karakter di SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, guru Bimbingan Konseling, dan 2 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Obyeknya adalah pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk menguatan karakter. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman yang meliputi 4 tahap analisis data, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Penelitian ini dilakukan juga triangulasi data. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga jalur pengembangan kurikulum PAI untuk penguatan karakter dan hambatan beserta solusi dalam pelaksanaan penguatan karakter di SMP Negeri 2 Galur adalah dijumpai siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan karena capek dan kurang sehat. Solusi permasalahan ini diberi teguran dan sanksi, sebagian besar wali murid tidak menjalankan syariat Islam secara sempurna. Solusi pada permasalahan ini masih belum teratasi, pelaksanaan pendidikan karakter memiliki keterbatasan waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakan pendidikan karakter berupa ajakan dan dorongan agar siswa memiliki karakter yang baik, tenaga pendidik ekstrakulikuler masih sangat minim. Untuk solusi dari permasalahan ini masih belum teratasi.en_US
dc.description.abstractThis research aims to explore the ways of development of Islamic education curricullum for character building as well as the obstacles, and the sollutions in the implementation of character building in SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo. The approach of this research is qualitative descriptive method. The subjects of this research are Headmaster, Vice Principal of curriculum, School Counselor, and 2 teachers of Islamic Education. The object is the development of Islamic Education curriculum to build the students’ character. Data is collected through interviews, documentation, and observation. Data analizes using Miles and Huberman data analysis which includes 4 stages of data analysis, namely Data Collection, Data Reduction, Data Display, and Data Verification. Triangulation data is also conducted in this research. The result of this research reveals that there are three ways to develop the Islamic education curriculum for character building. Fuhermore, the obstacles and the sollutions in the implementation of character building in SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo including; some students cannot attend school because of tired and unhealthy. The sollution of first problem is giving advice and punishment for offender. The second problem is that most of students parents do not follow Islamic teaching perfectly. The sollution of second problem is still not resolved. The third problem is that the implementation of character education has limited time. To overcome the third problem is advicing and encoraging students in order to have good character. The fourth problem is extracurricular educators are still limited. The last problem has still not been resolved yet.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCurriculum development, Islamic Education, Character Buildingen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENGUATAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 GALUR KULON PROGOen_US
dc.typeThesis SKR FAI 069en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record