dc.contributor.advisor | IMAN, MARSUDI | |
dc.contributor.author | SEPTIANI, LUSIANA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-05T06:38:33Z | |
dc.date.available | 2018-10-05T06:38:33Z | |
dc.date.issued | 2018-05-24 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21760 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bagaimana hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (2). Bagaimana pelaksanaan shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (3). Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (4). Apakah terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (5). Apakah terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (6). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitiani ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pendidikan sebagai ruang lingkup penelitiannya dan menggabungkan kepustakaan (library research) dan lapangan (field research) sebagai tempat penelitiannya. Metode pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir hitung rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi ganda 2 prediktor.
Hasil penelitian ini ada 6 yaitu : (1). Hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (2). Pelaksanaan Shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori tinggi; (3). Prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (4). Terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (5). Tidak terdapat pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (6). Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bagaimana hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (2). Bagaimana pelaksanaan shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (3). Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (4). Apakah terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (5). Apakah terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (6). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitiani ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pendidikan sebagai ruang lingkup penelitiannya dan menggabungkan kepustakaan (library research) dan lapangan (field research) sebagai tempat penelitiannya. Metode pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir hitung rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi ganda 2 prediktor.
Hasil penelitian ini ada 6 yaitu : (1). Hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (2). Pelaksanaan Shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori tinggi; (3). Prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (4). Terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (5). Tidak terdapat pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (6). Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pengaruh Hafalan Al-Qur’an, Shalat Dhuha, Prestasi Belajar, dan Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VB SD IT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDUL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
055 | en_US |