Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorSEPTIANI, LUSIANA
dc.date.accessioned2018-10-05T06:38:33Z
dc.date.available2018-10-05T06:38:33Z
dc.date.issued2018-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21760
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bagaimana hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (2). Bagaimana pelaksanaan shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (3). Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (4). Apakah terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (5). Apakah terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (6). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitiani ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pendidikan sebagai ruang lingkup penelitiannya dan menggabungkan kepustakaan (library research) dan lapangan (field research) sebagai tempat penelitiannya. Metode pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir hitung rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian ini ada 6 yaitu : (1). Hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (2). Pelaksanaan Shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori tinggi; (3). Prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (4). Terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (5). Tidak terdapat pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (6). Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bagaimana hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (2). Bagaimana pelaksanaan shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (3). Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (4). Apakah terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (5). Apakah terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul; (6). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitiani ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pendidikan sebagai ruang lingkup penelitiannya dan menggabungkan kepustakaan (library research) dan lapangan (field research) sebagai tempat penelitiannya. Metode pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir hitung rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian ini ada 6 yaitu : (1). Hafalan al-Qur’an siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (2). Pelaksanaan Shalat dhuha siswa kelas VB di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori tinggi; (3). Prestasi belajar siswa kelas VB pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD IT Tunas Mulia Wonosari berada pada kategori baik; (4). Terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (5). Tidak terdapat pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari; (6). Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara hafalan al-Qur’an dan shalat dhuha terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VB SD IT Tunas Mulia Wonosari.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPengaruh Hafalan Al-Qur’an, Shalat Dhuha, Prestasi Belajar, dan Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VB SD IT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 055en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record