dc.contributor.advisor | RAHARJO, ARIF BUDI | |
dc.contributor.author | PRATAMA, OSA AGIL | |
dc.date.accessioned | 2018-10-06T06:05:48Z | |
dc.date.available | 2018-10-06T06:05:48Z | |
dc.date.issued | 2017-12-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21812 | |
dc.description | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurang aktifan siswa dalam pembelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo, dalam hal ini peneliti membahas terkait keaktifan siswa pada mata pelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo.
Konteks penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana keaktifan siswa dalam pelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo? (2) bagaimanakah bentuk-bentuk Keaktifan siswa SMK Muhammadiyah Karangmojo ? (3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo?
Adapun tujuan fokus penelitian ini (1) bentuk-bentuk keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo (2) faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo (3) peran guru ISMUBA dalam meningkatkan keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo
Penelitian studi kasus ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Adapun subjek dan lokasi penelitian yakni guru mata pelajaran Akhlak kelas X SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi
Adapun hasil dari penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni adanya peningkatan belajar siswa di kelas X AP 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 SMK Muhammadiyah Karangmojo berangsur-angsur membaik. Hal ini Nampak terlihat tang sebelumnya menggunakan metode tradisional kini telah mengalami banyak perubahan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurang aktifan siswa dalam pembelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo, dalam hal ini peneliti membahas terkait keaktifan siswa pada mata pelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo.
Konteks penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana keaktifan siswa dalam pelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Karangmojo? (2) bagaimanakah bentuk-bentuk Keaktifan siswa SMK Muhammadiyah Karangmojo ? (3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo?
Adapun tujuan fokus penelitian ini (1) bentuk-bentuk keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo (2) faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo (3) peran guru ISMUBA dalam meningkatkan keaktifan siswa di SMK Muhammadiyah Karangmojo
Penelitian studi kasus ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Adapun subjek dan lokasi penelitian yakni guru mata pelajaran Akhlak kelas X SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi
Adapun hasil dari penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni adanya peningkatan belajar siswa di kelas X AP 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 SMK Muhammadiyah Karangmojo berangsur-angsur membaik. Hal ini Nampak terlihat tang sebelumnya menggunakan metode tradisional kini telah mengalami banyak perubahan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | CTL, Keaktifan, Akhlak | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |