View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENGGUNAAN CDI, KOIL, DAN BUSI RACING TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 150 CC BERBAHAN BAKAR PERTALITE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (323.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (416.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (545.3Kb)
      ABSTRAK (180.4Kb)
      BAB I (194.8Kb)
      BAB II (1.087Mb)
      BAB III (864.5Kb)
      BAB IV (1019.Kb)
      BAB V (470.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (196.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (736.7Kb)
      LAMPIRAN (3.310Mb)
      Date
      2018-05-25
      Author
      FRANITO, MUHAMMAD HADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pada saat ini pengguna sepeda motor semakin meningkat teknologi juga semakin pesat. Kebutuhan sepeda motor sebagai sarana transportasi yang paling banyak digunakan karena mempunyai beberapa faktor, yaitu mempunyai tenaga yang besar, irit bahan bakar dan waktu tempuh yang singkat. Inovasi yang banyak dikembangkan pada bidang otomotif dilakukan dengan penambahan part atau mengubah komponen aslinya dengan tujuan untuk mendapatkan hasil kinerja lebih tinggi dari standard pabrikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan juga pengapian yang sempurna. Salah satunya dengan mengganti part berupa CDI, koil, dan busi pada motor 150 cc dengan berbahan bakar pertalite. Keterbatasan bahan bakar premium di indonsia membuat bahan bakar pertalite perlu diteliti karena pengguna bahan bahan bakar premium akan beralih menggunakan bahan bakar dengan angka oktan lebih tinggi agar pemilihan bahan bakar sesuai dengan kondisi sepeda motor keluaran lama. Dalam penelitian ini dikaji unjuk kerja CDI standar, koil standar, dan busi standar dan CDI BRT, koil KTC, busi denso iridium pada motor 4 langkah 150 cc kondisi standard menggunakan bahan bakar pertalite. Pengujian dilakukan pada 4000 – 12000 rpm untuk pengujian daya dan torsi. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada kecepatan di kisaran 40 - 50 km/jam dengan jarak tempuh 4 Km. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa percikan bunga api paling baik dihasilkan oleh variasi busi standar, koil KTC dan CDI BRT. Dari jenis percikan bunga api fokus pada satu titik dan warna temperatur pada kisaran7000 – 8000 K. Daya dan torsi tertinggi pada titik maksimal terdapat pada variasi busi standar, koil KTC dan CDI BRT, daya tertinggi yang dihasilkan yaitu sebesar 17,3 HP pada putaran mesin 9295 rpm. torsi tertinggi yang dihasilkan yaitu sebesar 14,27 N.m pada putaran mesin 6929 rpm. Konsumsi bahan bakar paling hemat pada variasi busi iridium, koil standar dan CDI BRT yaitu sebesar 36,43 km/liter
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21936
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV