dc.contributor.advisor | AZHAR, MUHAMMAD | |
dc.contributor.author | MARDHOTILLAH, ADRI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-09T05:52:50Z | |
dc.date.available | 2018-10-09T05:52:50Z | |
dc.date.issued | 2018-04-23 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21939 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) Peran ibu dalam pendidikan anak usia dini, (2) Menggali peran seorang ibu yang dilakukan oleh ibunda Imam Syafi’i dalam mendidik Imam Syafi’i sewaktu kecil sehingga menjadi seorang ulama, (3) Mengetahui relevansi peran ibunda Imam Syafi’i saat mendidik Imam Syafi’i terhadap pendidikan saat ini.
Jenis penelitian adalah penelitian pustaka dengan menekankan teknik dokumentasi pada pengumpulan data. Objek penelitian yang dikaji adalah kehidupan Imam Syafi’i dan ibundanya. Subjek penelitian yang diobservasi adalah peran ibunda Imam Syafi’i dalam mendidik Imam Syafi’i di usia yang masih dini. Penelitian ini menggunakan analisis isi yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu memiliki peran yang banyak dalam mendidik anak; (1) Ibu berperan sebagai seorang edukator (2) Ibu berperan sebagai seorang motivator (3) Ibu berperan sebagai seorang inovator (4) Ibu berperan sebagai seorang fasilitator. Peran yang dapat dicontoh oleh ibunda zaman sekarang dari peran yang dilakukan oleh ibunda Imam Syafi’I adalah membentuk lingkungan belajar yang kondusif, membangun kecerdasan linguistik, mengajarkan anak pendidikan Qurani, menanamkan dasar-dasar religiusitas, menuntun anak menerapkan nilai-nilai spiritualitas, dan memperkenalkan hubungan sosial bermasyarakat. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) Peran ibu dalam pendidikan anak usia dini, (2) Menggali peran seorang ibu yang dilakukan oleh ibunda Imam Syafi’i dalam mendidik Imam Syafi’i sewaktu kecil sehingga menjadi seorang ulama, (3) Mengetahui relevansi peran ibunda Imam Syafi’i saat mendidik Imam Syafi’i terhadap pendidikan saat ini.
Jenis penelitian adalah penelitian pustaka dengan menekankan teknik dokumentasi pada pengumpulan data. Objek penelitian yang dikaji adalah kehidupan Imam Syafi’i dan ibundanya. Subjek penelitian yang diobservasi adalah peran ibunda Imam Syafi’i dalam mendidik Imam Syafi’i di usia yang masih dini. Penelitian ini menggunakan analisis isi yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu memiliki peran yang banyak dalam mendidik anak; (1) Ibu berperan sebagai seorang edukator (2) Ibu berperan sebagai seorang motivator (3) Ibu berperan sebagai seorang inovator (4) Ibu berperan sebagai seorang fasilitator. Peran yang dapat dicontoh oleh ibunda zaman sekarang dari peran yang dilakukan oleh ibunda Imam Syafi’I adalah membentuk lingkungan belajar yang kondusif, membangun kecerdasan linguistik, mengajarkan anak pendidikan Qurani, menanamkan dasar-dasar religiusitas, menuntun anak menerapkan nilai-nilai spiritualitas, dan memperkenalkan hubungan sosial bermasyarakat. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | peran ibu, pendidikan anak usia dini dan peran ibunda Imam Syafi’i | en_US |
dc.title | PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS IMAM SYAFI’I) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
041 | en_US |