KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ZAKIAH DARADJAT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MASYARAKAT MODERN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran Zakiah Daradjat tentang konsep pendidikan anak dalam keluarga dengan sub fokus: 1) Bagaimana konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat, dan 2) Bagaimana implementasi konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat dalam masyarakat modern.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan terbagi menjadi sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat dimulai dari pengetahuan terhadap prinsip penting dalam pendidikan dan kemudian kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak dalam keluarga, 2) Implementasi pemikiran Zakiah Daradjat dapat dilakukan pada masyarakat modern dengan merevitalisasi keluarga berdasarkan lima konsep pendidikan anak menurut Zakiah Daradjat yang selaras dengan ajaran Agama.