View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI- NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA IMAM AL-GAZALI (STUDI ANALISIS BAB ADAB AL-AKL)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (103.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (659.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (383.5Kb)
      ABSTRAK (175.4Kb)
      BAB I (370.6Kb)
      BAB II (355.5Kb)
      BAB III (176.3Kb)
      BAB IV (1.154Mb)
      BAB V (195.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (311.5Kb)
      LAMPIRAN (838.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.854Mb)
      Date
      2018-05-03
      Author
      RAHAYU, NUR SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adab makan dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Gazali dalam bab Adab Al-Akl , untuk mengetahui dan membuktikan adanya nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Gazali dalam bab Adab Al-Akl serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Iḥyā Ulumuddin karya Imam Al-Gazali dalam bab Adab Al-Akl dengan pendidikan Islam masa kini. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku sebagai sumber data dengan menggunakan bentuk penelitian content analysis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan pendekatan akhlak. Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi data primer dan sekunder, data primer yang digunakan adalah Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Gazali sedangkan data sekunder berupa buku-buku atau jurnal yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis dengan cara mendeteksi data yang terkait lalu menyusun pembahasan sesuai alur berfikir peneliti kemudian menginterpretasikan hasilnya dalam pembahasan. Penelitian ini sampai pada kesimpulan yang menunjukkan bahwa Adab makan dalam Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Gazali terdiri dari empat bab. Bab pertama berisi tentang hal-hal yang harus diperhatikan oleh orang yang makan. Bab kedua berisi uraian mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika makan bersama-sama. Bab ketiga menjelaskan tentang cara menghidangkan makanan kepada tamu yang berkunjung. Adapun bab keempat berisi tentang etika makan dalam acara undangan, jamuan, dan semisalnya. Hasil selanjutnya ialah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Gazali (Studi Analisis Bab Adab Al-Akl) adalah: religius, bersahabat/ komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, peduli lingkungan, dan tawadhu’/rendah hati,. Penelitian ini juga menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Gazali (Studi Analisis Bab Adab Al-Akl) memiliki relevansi dengan pendidikan Islam masa kini terutama bidang sosial dan keagamaan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22022
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV