View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANAN AYAH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (KAJIAN TAFSIR AN-NUR)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (116.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (656.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (449.8Kb)
      ABSTRAK (260.1Kb)
      BAB I (454.5Kb)
      BAB II (564.7Kb)
      BAB III (297.8Kb)
      BAB IV (954.0Kb)
      BAB V (99.29Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (326.5Kb)
      LAMPIRAN (1.804Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (686.3Kb)
      Date
      2018-05-11
      Author
      RAHMAWATI, ZULFIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini berjudul “Peranan Ayah dalam Pendidikan Keluarga (Kajian Tafsir An-Nur)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian dan dasar pendidikan keluarga, untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan pendidikan keluarga berdasarkan tafsir an-Nur. Selain itu juga untuk mengetahui dan memahami lebih jauh tentang peran ayah yang ideal dalam pendidikan keluarga berdasarkan perspektif al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode tamatik (mawḍū’ī). Data dianalisis dengan menggunakan content analisys (analisis isi) yang lebih rinci dengan menggunakan studi mawḍū’ī. Langkah-langkah menggunakan metode tematik adalah sebagai berikut: 1. Menentukan permasalahan atau topik yang akan dikaji. 2. Menghimpun ayat-ayat terkait dengan masalah atau topik tersebut. 3. Menyusun ayat-ayat tersebut sesuai dengan kronologi urutan turunnya. 4. Menulusuri latar belakang turunnya ayat-ayat tersebut. 5. Meneliti dengan cermat semua kata atau kalimat yang dipakai dalam ayat tersebut. 6. Megkaji pemahaman ayat-ayat tersebut dari pemahaman berbagai aliran dan pendapat para mufassir, baik yang klasik maupun yang kontemporer. 7. Semua ayat-ayat dikaji secara tuntas dan seksama dengan menggunakan penalaran yang objektif melalui kaidah-kaidah tafsir yang mu’tabar, serta didukung oleh fakta (jika ada), dan argumen-argumen dari al-Qur’an dan Hadis atau fakta-fakta sejarah yang dapat ditemukan. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan keluarga merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh orang tua untuk membimbing, mendidik, mengarahkan, membekali dan mengembangkan pengetahuan nilai-nilai keterampilan bagi anak untuk bekal masa depan. Dasar poskok yang menjadi patokan pendidikan keluarga salah satunya termuat dalam Q.S at-Tahrim ayat 6. Penafsiran yang dilakukan Hasbi dalam tafsir an-Nur terkait pendidikan keluarga, terutama masalah berhijab dan bergaul perlu adanya pengkritisan. Peranan ayah dalam keluarga tidak hanya memberikan nafkah, tetapi juga memiliki peran dalam pendidikan keluarga (istri dan anak). Peran ayah dalam pendidikan istri yaitu memerintahkan istri untuk beribadah kepada Allah, menasehati istri jika bersalah, mendidik istri cara pergaulan dan berpakaian yang Islami. Sedangkan peran ayah dalam pendidikan anak yaitu pendidikan aqidah, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, dan pokok-pokok ajaran Islam. di sini menunjukkan bahwa peran ayah juga penting dalam keluarga.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22024
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV