View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN AL ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (33.54Kb)
      HALAMAN JUDUL (191.5Kb)
      ABSTRAK (28.87Kb)
      LAMPIRAN (466.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (148.7Kb)
      BAB I (204.3Kb)
      BAB II (450.6Kb)
      BAB III (406.8Kb)
      BAB IV (250.0Kb)
      BAB V (88.74Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (93.62Kb)
      Date
      2018
      Author
      ALIBAS, MUTHIAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa pada pelajaran Al Islam antara metode guided discovery learning dengan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Gamping Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan juga uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode guided discovery learning (kelas eksperimen) mempunyai nilai rata-rata sebesar 40,68; (2) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode konvensional (kelas kontrol) mempunyai nilai rata-rata sebesar 20,32; (3) Berdasarkan hasil analisis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti rata-rata tingkat pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada tingkat pemahaman konsep siswa kelas kontrol.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22087
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV