View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (166.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (843.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (609.3Kb)
      ABSTRAK (87.40Kb)
      BAB I (161.3Kb)
      BAB II (212.5Kb)
      BAB III (441.3Kb)
      BAB IV (613.2Kb)
      BAB V (89.13Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (195.9Kb)
      LAMPIRAN (3.433Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.142Mb)
      Date
      2018
      Author
      MASTUTI, IKA MADYARINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, 2) mengetahui pengaruh penggunaan metode Index Card Match (ICM) terhadap minat belajar pada siswa kelas VII mata pelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah true experimental design. Rancangan ini melibatkan dua kelompok besar yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan metode Index Card Match (ICM) dan kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 273 siswa. Penelitian ini mengambil sampel dari kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala minat (angket) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis akhir dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebelum diberi perlakuan (pre-test) hasil minat belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah sama. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t dan diperoleh thitung < ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai thitung 0,631 < nilai ttabel 2,002. 2) Terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan metode Index Card Match (ICM) terhadap minat belajar pada siswa kelas VII mata pelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai thitung 2,875 > nilai ttabel 2,002 . Persentase skor rata-rata yang diperoleh dari minat belajar siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan metode Index Card Match (ICM) dari skor maskimal adalah 76,775 % dan prensentase skor rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Index Card Match (ICM) dari skor maksimal adalah 74,858 %.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22091
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV