View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (109.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.146Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (363.9Kb)
      ABSTRAK (153.5Kb)
      BAB I (174.0Kb)
      BAB II (288.6Kb)
      BAB III (374.4Kb)
      BAB IV (999.4Kb)
      BAB V (196.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (219.4Kb)
      LAMPIRAN (1.717Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (533.1Kb)
      Date
      2018
      Author
      ADNAN, YOGA ZULIANA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemanfaatan media sosial bagi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen 2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sragen dan 3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yaitu berjumlah 180 siswa. menurut tabel jumlah sampel dengan signifikansi 5% di ambil sampel sebanyak 119 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data mengunakan kuisioner model skala likert. Data dianalisis secara deskriptif dan korelasi sederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis pemanfaatan media sosial siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 39 – 41 dan 42 – 44 dengan frekuensi yang sama yaitu 25,2% berjumlah 30 siswa kelas X. Kemudian tingkat kategori frekuensi hasil distribusi kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas pada tingkat kategori sedang dengan persentase 72,3% yaitu sejumlah 86 siswa. Jadi tingkat kategori kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen pada kategori sedang. (2) Hasil analisis motivasi belajar siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 54 – 57 dengan frekuensi siswa 28,6% dengan jumlah 34 siswa kelas X. Kemudian untuk tingkat kategori frekuensi motivasi belajar siswa kelas X kecenderungan pada kategori sedang dengan persentase 68% yaitu dengan jumlah 81 siswa Jadi kecenderungan motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kategori sedang. (3) Hasil analisis korelasi sederhana pada uji hipotesis pengaruh variabel pemanfaatan media sosial (X) terhadap motivasi belajar (Y) diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, yang berarti terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Pemanfaatan media sosial mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X sebanyak 17,3% dan dipengaruhi faktor lain di luar pemanfaatan media sosial 82,7%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22100
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV