dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan penyusunan RPP bagi guru ISMUBA (al-Islam,Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab) pada Majelis DIKDASMEN Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul berdasarkan evaluasi konteks, masukan, proses, dan produk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, menggunakan pendekatan mixed method dengan model evaluasi dari Stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus MGMP ISMUBA tingkat SD/ MI Kabupaten Bantul dan peserta program pelatihan penyusunan RPP. Teknik pengumpulan datanya menggunkan wawancara, angket, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunkan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunkan statistik deskriptif.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil yang cukup baik berdasar pada komponen ide awal, pemantapan ide dan dokumentasi, serta sosialisasi program pelatihan, namun dalam kommponen sejarah program belum baik, (2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang baik, berdasar pada komponen pemateri, peserta dan sarana yang digunakan dalam program, (3) Evaluasi proses menunjukkan hasil yang kurang baik, berdasar pada komponen materi, metode, dan penilaian dari program pelatihan yang belum baik, dan (4) Evaluasi produk menunjukkan bahwa 77 % dari RPP yang terkumpul masuk dalam kategori cukup baik. Sementara 4 % termasuk kategori kurang baik, serta 19 % termasuk kategori baik. | en_US |