View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ABDUL KARIM BAKKAR DALAM KITAB BINA’ AL-AJYAAL DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM UU. NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (94.01Kb)
      HALAMAN JUDUL (461.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (292.5Kb)
      ABSTRAK (34.41Kb)
      BAB I (110.8Kb)
      BAB II (138.3Kb)
      BAB III (56.08Kb)
      BAB IV (244.0Kb)
      BAB V (59.01Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (107.3Kb)
      LAMPIRAN (49.54Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (294.5Kb)
      Date
      2018-08-21
      Author
      ROZAK H.S, MUHAMMAD ABDUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih adanya sebagian guru dalam sebuah lembaga pendidikan masa ini tidak memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjadi pengajar dan dijadikan sebagai teladan. Oleh karena itu, peneltian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep kepribadian guru yang terkandung dalam buku Bina’ al-Ajyaal karya Abdul Karim Bakkar dan (2) mencari relevansi dari konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam buku Bina’ al-Ajyaal dengan Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek kajian adalah konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaa dengan kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, transkrip, buku, dan dokumen lainnya. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke khusus dan sebaliknya. Setelah itu dilakukan komparasi atau perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan dari data tersbut. Kemudian dimunculkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep kepribadian guru perspektif Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaal terdapat empat kompetensi pokok, yaitu tsaqafat al-mu’allim, mu’allim al-qudwah, mu’allim murabbi, dan mu’allim mujaddid al-ma’rifah. Keempat kompetensi pokok ini ternyata tidak hanya membahas kompetensi pada ranah kepribadian saja, namun mencakup semua ranah kompetensi. Baik kompetensi pedagogik, sosial, dan professional. Setelah dianalisis ternyata ada sekitar 18 kompetensi guru yang mencakup semua ranah kompetensi. Kemudian kesimpulan kedua adalah (2) Konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaal masih tetap relevan dengan kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Relevansinya tidak hanya dengan kompetensi kepribadian saja, namun sampai pada keempat kompetensi guru sekaligus. Kompetensi guru yang dapat direlevansikan dengan kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar ada sekitar 11 dari 16 kompetensi. Jadi perbandingannya menjadi 18:11.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22313
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV