dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat kompetensi profesional guru ISMUBA,2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kompetensi profesional guru ISMUBA, 3) untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru ISMUBA dalam mengatasi rendahnya kompetensi profesional guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluatif expost fakto. Pendekatan yang digunakan mixed method. Subyek penelitian ini teridiri dari Kepala Sekolah 1orang, guru ISMUBA yang berjumlah 4 orang.. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif teknik analisis korelasi dan kualitatif menggunakan analisis diskriptif kualaitatif.
Hasil penelitian 1) Tingkat kompetensi professional guru yang termasuk dalam kategori baik terdapat pada indicator guru mampu mengembangkan dan mengolah materi pembelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan kemampuan siswa, guru mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif terhadap kinerja, penelitian tindakan kelas dan guru mampu mengikuti perkembangan jaman dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuni kasi untuk mengembangkan diri dalam berkomunikasi, 2) Faktor pembentuk keberhasilan kompetensi professional guru dikategorikan menjadi dua yaitu faktor internal yang meliputi kecerdasan, kecakapan dan keterampilan, bakat, minat dan kemampuan, motif, kesehatan, kepribadian dan cita-cita dan memiliki tujuan dalam bekerja. sedangkan faktor eksternalnya meliputi sebagai berikut : lingkungan keluarga, lingkungan kerja, komunikasi dengan kepala sekolah dan sarana dan prasarana, 3) Strategi yang dilakukan untuk mengatasi lemahnya kompetensi professional guru diantaranya adalah mengikuti pelatihan bagi guru, menambah fasilitas pembelajaran dan menggunakan metode mengajar yang bervariasi | en_US |