Show simple item record

dc.contributor.authorMURTI, RADEN WISNU
dc.date.accessioned2018-10-22T03:32:11Z
dc.date.available2018-10-22T03:32:11Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22412
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis seberapa dalam pengetahuan kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo dalam mengambil peran supervisi akademik terhadap guru Al-Islam (2) mengetahui bagaimana implementasi dan hasil pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Mixed Method. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling di SMK Muhammadiyah Kulon Progo yang serumpun dilihat dari jumlah peserta didiknya yaitu SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMK Muhammadiyah 2 Wates, SMK Muhammadiyah 3 Wates dan SMK Muhammadiyah 1 Temon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, questioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan, wawancara dengan menggunakan model sequential exploratory. Kesimpulan penelitian: (1) Kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo memiliki pengetahuan supervisi akademik secara baik dibuktikan dengan dibuatnya program supervisi kepala sekolah yang di dalamnya memuat unsur supervisi akademik berupa perencanaan, pelaksanaan, dan hasil supervisi serta evaluasi. (2) Implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam menggunakan teknik individu berupa kunjungan kelas yang diawali membuat program supervisi pembelajaran mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi sampai pada proses tindak lanjut sehingga peran kepala sekolah menjadi sangat penting dimana hasil akhirnya akan digunakan sebagai bahan acuan dalam pembagian tugas terhadap guru Al-Islam pada semester berikutnya, penentuan kebijakan-kebijakan, pengusulan serta promosi jabatan terhadap guru Al-Islam. Tindak lanjut dari hasil supervisi yang dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan secara berkala dengan memangil guru Al-Islam yang dirasa kurang baik dalam mengajar untuk dibina lebih lanjut, dilakukannya workshop, dan pembuatan perangkat pembelajaran yang lebih baik. Kata Kunci : SupervisiAkademik, Kepala SMK Muhammadiyah, Guru Al-Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectAcademic Supervisionen_US
dc.subjectSMK Muhammadiyah Headmasteren_US
dc.subjectAl-Islam Subject Teacheren_US
dc.titleSUPERVISI AKADEMIK KEPALA SMK MUHAMMADIYAH DAERAH KULON PROGO TERHADAP GURU AL-ISLAMen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record