POLA PEMBINAAN KEDISIPLINAN SHALATBERJAMA'AH BERDASARKAN PERSEPSI GURU TERHADAP PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES
Abstract
Pendidikan Muhammadiyah adalah penyiapan lingkungan yang
memungkinkan seseorang tumbuh sebagai manusia yang menyadari kehadiran
Allah SWT. Melalui kedisiplinan salat. pendidikan Muhammadiyah mampu
mensinergikan potensi fitrah manusia baik lahir maupun batin.
Penelitian dengan judul "Pola Pembinaan Kedisiplinan Salat Berjarna'ah
Berdasarkan Persepsi Guru Terhadap Peserta Didik SMK Muhamrnadiyah 1
Wates", bertujuan untuk menjelaskan persepsi guru tentang pernbinaan
kedisiplinan salat berjama'ah peserta didik. Penelitian ini juga menjelaskan pola
pembinaan serta irnplementasinya dalarn mendisiplinkan salat berjarna'ah peserta
didik berdasarkan persepsi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif terperinci dengan
rnenjelaskan hasil penelitian.Responden yang terlibat dalam penelitian ini ada 7
(tujuh) guru SMK Muhammadiyah l Wates.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dalam membina
kedisiplinan salat berjama'ah peserta didik hanya menjadi tanggung jawab guru
Ismuba. Keteladanan belum dipahami oleh seluruh guru maupun karyawan SMK
Muh I Wates. Pola pernbinaan kedisiplinan salat berjama'ah yang telah dilakukan
juga belum mampu menyadarkan peserta didik akan pentignya salat berjama'ah.
Selain itu, implementasi pernbinaan kedisiplinan salat berjama'ah belum dapat
mendukung kedisiplinan salat berjama'ah.
Kata kunci: perspsi, pola pembinaan, kedisiplinan salat berjama'ah