PENYUSUNAN SURVEY KEPUASAN MAHASISWA UMY TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN TAHUN 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan akademik pegawai dilingkungan UMY terhadap mahasiswa di seluruh Program Studi S1 yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta apakah telah sesuai dengan aturan berlaku. Dalam penelitian ini akan membahas kepuasan mahasiswa dalam proses pelayanan pendidikan di UMY, penelitian ini dikategorikan penelitian terapan (applied research). Penelitian terapan adalah penyelidikan yang hati-hati, sistematik dan terus menerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera untuk keperluan tertentu.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : Nilai IKM pelayanan seluruh fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta antara 2,63 hingga 2,99 atau nilai konversi antara 66,48 hingga 74,74. Dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh fakultas yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah Baik.
Kurikulum KBK merupakan salah satu keunggulan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, hampir seluruh mahasiswa puas dengan kurikulum yang telah ada di UMY.
Unsur utama yang menjadi keluhan utama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah masalah fasilitas. Mahasiswa menganggap bahwa fasilitas yang ada selama ini masih belum bisa memberikan kepuasan yang diharapkan. Masalah ke 2 yang dikeluhkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah kenyamanan. Dari 8 fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mahasiswa dari 5 fakultas menyatakan bahwa mereka merasa kenyamanan yang ada selama ini masih kurang. Dan Masalah ke 3 yang dikeluhkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah kinerja pimpinan lembaga kemahasiswaan. Dari 8 fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mahasiswa dari 5 fakultas menyatakan bahwa mereka merasa kinerja pimpinan lembaga kemahasiswaan belum dapat memberikan kepuasan.