PEMBINAAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN
Abstract
Upaya konkrit untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas
secara r,naksimal, Salah satunya adalah melalui pembinaan Agama Islam dalam
meningkatkan Self Control siswa. Dengan pentingnya menanamkan pembiasaanpembiasaan
positif dalam Agama Islam terhadap siswa, yang dapat diukur dengan
penilaian oleh Guru Agama Islam (Ismuba) khususnya dan dapat rnemberikan
nilai self control lebih dalam kehidupan ini yang memberi dampak pada
meningkatnya kepercayaan masyarakat.
Adapun penelitian ini untuk mengungkap l)Pelaksanaan Pembinaan
Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMP Muhmnmadiyah 3
Depok Sleman, 2)Faktor pendukung dan penghambat pembinaan Agama Islam
dalam meningkatkan self control siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Slernan
dan 3)Perbedaan self control siswa antara sebelum dan sesudah diberi pembinaan
Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.
Selanjutnya metode penelitian ini menggunakan pendekatan mixed
methods yang dilaksanakan di SMP Muhamrrradiyah 3 Depok, Sleman
Yogyakarta. Rentang penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 2018
dengan melibatkan 40 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket, wawancara dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi
data, display dan verifikasi data atau kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui tingkat spiritual
siswa mengalami peningkatan, juga adanya peningkatan self control siswa setelah
diberikan pembinaan oleh guru sekitar 6-16% serta adanya hubungan self control
dengan peningkatan hasil belajar siswa.
Key words: kecerdasan spiritual,Self Control, prestasi hasil belajar siswa