dc.contributor.advisor | MUCHLISIN, MUCHLISIN | |
dc.contributor.author | PRAMANA, BUDI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-26T02:55:32Z | |
dc.date.available | 2018-10-26T02:55:32Z | |
dc.date.issued | 2018-09-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22641 | |
dc.description | Seiring berkembangnya zaman, transportasi dituntut untuk memberikan
kinerja pelayanan yang baik, sehingga kebutuhan dasar lalu lintas seperti : aman,
nyaman, dan ekonomis bisa terpenuhi. Untuk mengetahui bagaimana tingkat
kinerja ruas jalan perlu dilakukan survei terhadap geometrik maupun lalu lintas
kendaraan yang melintasinya. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode
Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dimana derajat kejenuhan (DS) sebagai
indikator perilaku lalu-lintas pada ruas jalan tiap lengan bundaran Jombor,
Yogyakarta. Dari hasil pengolahan data survei, di dapat derajat kejenuhan
tertinggi sebesar 0,58 pada ruas jalan Lengan A. dengan kecepatan arus bebas
55,52 km/jam dan kecepatan tempuh berkisar antara 19,8-31,7 km/jam.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka tingkat pelayanannya adalah C. Untuk
memperbaiki kelas hambatan samping, pemasangan rambu lalu lintas seperti
dilarang berhenti adalah alternative yang baik. Setelah dipasang rambu lalu lintas
derajat kejenuhan turun menjadi 0,56 dengan tingkat pelayanan C. dimana pada
ruas jalan tersebut arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan terbatas. | en_US |
dc.description.abstract | In the borderless world today, transportation have to provide a best
performance, such as: safe, comfortable, and economical can be fulfilled. To find
out how the assessment of road, survey of the road geometric and the traffic of the
vehicle that passes through are needed to be done. By using Indonesian Highway
Capacity Manual 1997 method, where the degree of saturation (DS) is the
indicator of traffic activities on Roundabout of Jombor, Yogyakarta. From the
results of processing survey data, the highest degree of saturation is 0.58 on road
segment A. with a traffic flow 55.52 km/hour and traffic velocity 19.8 to 31.7
km/hour. Based on these results, the service performance of road is C. To improve
the roadside barrier performance, installing the traffic sign like no stopping is a
better idea. After installing the sign, the degree of saturation drops to 0.56 with
service performance C where the road is stable, but the speed and movement of
the vehicle is limited. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | analysis of capacity, level of service, speed. | en_US |
dc.title | ANALISA KINERJA RUAS JALAN PADA LENGAN BUNDARAN JOMBOR | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
525 | en_US |