Show simple item record

dc.contributor.advisorMUCHLISIN, MUCHLISIN
dc.contributor.authorPRAMANA, BUDI
dc.date.accessioned2018-10-26T02:55:32Z
dc.date.available2018-10-26T02:55:32Z
dc.date.issued2018-09-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22641
dc.descriptionSeiring berkembangnya zaman, transportasi dituntut untuk memberikan kinerja pelayanan yang baik, sehingga kebutuhan dasar lalu lintas seperti : aman, nyaman, dan ekonomis bisa terpenuhi. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja ruas jalan perlu dilakukan survei terhadap geometrik maupun lalu lintas kendaraan yang melintasinya. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dimana derajat kejenuhan (DS) sebagai indikator perilaku lalu-lintas pada ruas jalan tiap lengan bundaran Jombor, Yogyakarta. Dari hasil pengolahan data survei, di dapat derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,58 pada ruas jalan Lengan A. dengan kecepatan arus bebas 55,52 km/jam dan kecepatan tempuh berkisar antara 19,8-31,7 km/jam. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka tingkat pelayanannya adalah C. Untuk memperbaiki kelas hambatan samping, pemasangan rambu lalu lintas seperti dilarang berhenti adalah alternative yang baik. Setelah dipasang rambu lalu lintas derajat kejenuhan turun menjadi 0,56 dengan tingkat pelayanan C. dimana pada ruas jalan tersebut arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan terbatas.en_US
dc.description.abstractIn the borderless world today, transportation have to provide a best performance, such as: safe, comfortable, and economical can be fulfilled. To find out how the assessment of road, survey of the road geometric and the traffic of the vehicle that passes through are needed to be done. By using Indonesian Highway Capacity Manual 1997 method, where the degree of saturation (DS) is the indicator of traffic activities on Roundabout of Jombor, Yogyakarta. From the results of processing survey data, the highest degree of saturation is 0.58 on road segment A. with a traffic flow 55.52 km/hour and traffic velocity 19.8 to 31.7 km/hour. Based on these results, the service performance of road is C. To improve the roadside barrier performance, installing the traffic sign like no stopping is a better idea. After installing the sign, the degree of saturation drops to 0.56 with service performance C where the road is stable, but the speed and movement of the vehicle is limited.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectanalysis of capacity, level of service, speed.en_US
dc.titleANALISA KINERJA RUAS JALAN PADA LENGAN BUNDARAN JOMBORen_US
dc.typeThesis SKR F T 525en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record