View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KOMUNIKASI PENDIDIKAN MENURUT QUR’AN SURAH AL-HUJURA<T AYAT 6 DAN RELEVANSINYA TERHADAP INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (286.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (897.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (1.185Mb)
      ABSTRAK (262.6Kb)
      BAB I (487.5Kb)
      BAB II (513.5Kb)
      BAB III (378.4Kb)
      BAB IV (774.1Kb)
      BAB V (339.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (325.7Kb)
      LAMPIRAN (801.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (758.7Kb)
      Date
      2018-08-14
      Author
      AL BASYIR, MUHAIMIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran al-Qur’an surah Al-Hujur{>at ayat 6, kemudian menganalisis hubungannya dengan komunikasi pendidikan serta relevansinya dengan interaksi belajar mengajar, Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber empat tafsir, yaitu Tafsi>r Al-Muni>r, Tafsi>r Al-Mara>gi>, Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar, adapun data sekunder diambil dari buku yang membahas komunikasi pendidikan, interaksi belajar mengajar dan lainnya. Metode analisis data berupa konten-analisis dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik yang dirumuskan oleh Abd al-Hayy al-Farma>wi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa interaksi belajar mengajar relevan dengan Q.S. Al-Hujura>t (49): 6 dengan mengetahui terlebih dahulu berita yang dibawa, lalu mencari kebenaran, dengan tidak terburu-buru sampai jelas berita yang diketahui, oleh sebabnya komunikasi pendidikan memiliki hubungan yang sama terhadap Q.S. Al-Hujura>t (49): 6 dalam hal unsur komunikasi yang mencakup lima pembagian, dan interaksi belajar mengajar relevan dengan ayat ini karena dasar dari IBM adalah menumbuhkan rasa iman dan keberaagamaan siswa yang merupakan efek terhadap materi yang disampaikan guru, tentu dengan metode yang dikemas sehingga murid mengetahui apa yang dipelajari, dari mana pelajaran yang didapati dan bagaimana cara mempraktekan pelajaran tersebut.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22695
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV