View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI 'AISYIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      C (243.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.976Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (444.9Kb)
      ABSTRAK (1.075Mb)
      BAB I (328.2Kb)
      BAB II (313.6Kb)
      BAB III (437.7Kb)
      BAB IV (122.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (138.8Kb)
      Date
      2018-11-10
      Author
      Masyitoh, Dewi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Panti Asuhan Aisyiyah Yogyakarta menerapkan standar penentuan respon yang tepat bagi anak; (2) mengetahui bagaimana Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Yogyakarta menerapkan standar pelayanan pengasuhan bagi anak; (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam dalam seluruh tahapan implementasi dari pendekatan awal, asesmen, perencanaan pengasuhan sampai dengan pengakhiran pelayanan dan bagaimana solusi pemecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif melalui proses studi pustaka, wawancara mendalam (dept interview) dengan para informan di lapangan dan pengamatan. Informan dipilih dengan metode snowball sampling, dengan lingkup informan adalah orang-orang yang terlibat dalam program pelayanan dan pembinaan di dalam panti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: dalam hal penerapan standar penentuan respon yang tepat bagi anak, (1) Panti sudah melakukan standar tentang peran Panti dalam pelayanan bagi anak yang meliputi peran panti, pencegahan keterpisahan, peran untuk menerima rujukan, respon berdasarkan asesmen yang akurat, respon terhadap kebutuhan pengasuhan, respon terhadap kebutuhan ekonomi, respon terhadap kebutuhan pendidikan, namum panti tidak melakukan respon terhadap kebutuhan akan perlindungan khusus. (2) Panti tidak melakukan standar perencanaan pengasuhan darurat, pengasuhan jangka pendek, dan pengasuhan jangka panjang karena tujuan penempatan anak di panti untuk keberlangsungan pendidikan. Dalam hal penerapan standar pelayanan pengasuhan, Panti sudah melakukan (1) penerapan standar pendekatan awal dan rujukan, (2) standar pelayanan pengasuhan, (3) standar pelayanan berbasis panti, (4) standar pelaksana pengasuhan. Sedangkan standar evaluasi serta pengakhiran pelayanan dan pengasuhan anak yang dilakukan panti terkait dengan selesainya masa sekolah. Kelemahan Panti dalam menerapkan standar ini dikarenakan : (1) keterbatasan jumlah pengasuh maupun staf yang telah dilatih secara profesional, (2) Partisipasi anak di dalam panti kurang, (3) keluarga tidak terlibat dalam pengasuhan anak di dalam panti.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22844
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV