PENGARUH PROGRM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI TKIT DI DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pendidikan full day school terhadap perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini TKIT di DIY. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dari 7 TKIT yang ada di DIY dengan teknik sampling acak bertingkat (multistage random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan observasi, sedangkan teknis analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak adanya pengaruh program pendidikan full day school terhadap perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini TKIT di DIY. Perkembangan sosial emosional anak lebih dipengaruhi oleh faktor pengasuhan, pembimbingan dan keteladanan.