View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (176.9Kb)
      BAB I (310.5Kb)
      BAB II (461.4Kb)
      BAB III (193.6Kb)
      BAB III (193.6Kb)
      BAB IV (499.1Kb)
      BAB V (266.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (289.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (467.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (145.9Kb)
      LAMPIRAN (1.209Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (448.1Kb)
      COVER (199.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (249.9Kb)
      Date
      2018
      Author
      SAEPULOH, AHMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir dan hasil pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir. Jenis penelitian menggunakan evaluativ deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, interviu (interview) dan dokumentasi. Data dianalisis secara terus menerus sampai tuntas hingga data menjadi jenuh. Dalam proses analisis melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran kitab kuning termasuk ke dalam kategori cukup karena belum adanya sarana dan prasarana yang kurang optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar; (2) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning kurang karena belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran; (3) evaluasi hasil pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan tes dalam bentuk tulisan dan lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah rata-rata santri yang lulus adalah 76,92% dan jumlah rata-rata santri yang tidak lulus adalah 23,08%. Akan tetapi, belum ditemukan hasil pengukuran sikap dan penilaian diri dalam evaluasi hasil pembelajaran.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22953
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV