View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Dentistry
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Dentistry
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SUMBER CIREBON TAHUN 2015

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (102.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.132Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (896.2Kb)
      ABSTRAK (97.35Kb)
      ABSTRAK (97.35Kb)
      BAB I (107.3Kb)
      BAB II (193.5Kb)
      BAB III (292.6Kb)
      BAB IV (305.7Kb)
      BAB V (96.41Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (177.4Kb)
      LAMPIRAN (772.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (393.6Kb)
      Date
      2018
      Author
      MARANANTHA, ANGGITA MAULUDYNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Hasil profil Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon tahun 2013 didapatkan bahwa prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut sebesar 26% artinya mendekati prevalensi provinsi Jawa Barat. Hasil survei awal dari data kunjungan pasien Puskesmas Sumber Cirebon terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien pada bulan Maret-April. Puskesmas Sumber sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kabupaten Cirebon, sudah selayaknya menjaga dan meningkatkan pelayanannya agar pasien merasa puas dan pasien tidak akan kehilangan minat untuk kembali lagi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah 279 responden yang melakukan perawatan gigi di Puskesmas Sumber Cirebon yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Berdasarkan dimensi tangible, sebanyak 187 (67%) pasien menyatakan puas; dimensi reliability, sebanyak 190 (68%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi assurance, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas; dimensi responsiveness, sebanyak 140 (50,1%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi emphaty, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas. Kesimpulan: Berdasarkan lima dimensi kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon sebagian besar responden menyatakan puas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22982
      Collections
      • Department of Dentistry

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV