View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBELAJARAN TUTORIAL TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (217.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (1013.Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (1.357Mb)
      ABSTRACT (286.9Kb)
      BAB I (320.4Kb)
      BAB II (461.3Kb)
      BAB III (639.1Kb)
      BAB IV (425.7Kb)
      BAB V (182.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (293.6Kb)
      LAMPIRAN (532.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (555.9Kb)
      Date
      2018-08-18
      Author
      SUWANDI, ISNU RAHMAT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tutorial merupakan pembahasan kasus atau skenario yang akan didiskusikan antar mahasiswa dalam suatu kelompok kecil. Dengan diterapkanya metode pembelajaran PBL (problem-based learning) dengan kegiatan tutorial di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta maka akan dapat memicu komunikasi dari mahasiswa. Dalam tutorial materi yang dibahas sebagian besar dijelaskan oleh anggota secara individu. Sehingga salah satu persyaratan yang penting dalam proses diskusi kelompok (tutorial) adalah komunikasi. Keberhasilan suatu diskusi akan tercapai bila seluruh anggota memberikan masukan demi keberhasilan kelompoknya. Adapun indikator untuk mengukur komunikasi terdapat 5 aspek yaitu aspek keterbukaan, aspek empati, aspek dukungan, aspek sikap positif, dan aspek kesetaraan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional atau potong lintang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Farmasi UMY angkatan 2014, 2015 dan 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sample 161 dan pengambilan sampel angkatan 2014 sebanyak 53, angkatan 2015 sebanyak 51, dan angkatan 2016 sebanyak 57. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan analisis menggunakan SPSS dengan analisis korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan untuk tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi angkatan 2014,2015,2016 adalah 62,73% dengan kategori sangat baik dan sebesar 37,27% dengan kategori baik, dan tidak terdapat mahasiswa dengan kategori cukup baik dan kurang baik. Tingkat komunikasi masing-masing angkatan dengan kategori sangat baik dan baik berturut-turut adalah angkatan 2014: 84,90% dan 15,10%, angkatan 2015: 50,99% dan 49,01%, angkatan 2016: 52,63% dan 47,37%. Hasil penelitian menunjukan angkatan 2014 memiliki hubungan yang signifikan pada 1 aspek yaitu aspek sikap positif dengan nilai r = 0.152. Pada angkatan 2015 terdapat 3 hubungan yang signifikan yaitu pada aspek empati dengan nilai r = 0.199, dukungan dengan nilai r = 0.186, dan sikap positif dengan nilai r = 0.164. Pada angkatan 2016 tidak terdapat hubungan yang signifikan pada semua aspek. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran tutorial memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23027
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV