View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Law
      • Department of Law
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Law
      • Department of Law
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PELAKSANAAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN TERHADAP MASYARAKAT DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (84.22Kb)
      BAB I (297.3Kb)
      BAB II (275.6Kb)
      BAB III (98.53Kb)
      BAB IV (464.1Kb)
      BAB V (86.48Kb)
      COVER (47.46Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (199.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (687.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (536.2Kb)
      LAMPIRAN (648.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (637.7Kb)
      Date
      2018
      Author
      PUTRA, HUDA RIZKY AMITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jaminan kesehatan merupakan sarana untuk mewujudkan hak hidup sehat atau memenuhi hak atas kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Pasal 28H Ayat 1, yaitu setiap warga negara tanpa terkecuali berhak mendapatkan pelayanan serta perlindungan atas kesehatan yang memadai dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan jaminan kesehatan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang terjadi selama pelaksanaan pelayanan jaminan kesehatan di puskesmas Kabupaten Bantul, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan/empiris dan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebar kuisioner sebanyak 50 responden serta wawancara dengan narasumber terkait pelaksanaan pelayanan jaminan kesehatan di puskesmas Kabupaten Bantul. Penilaian berdasarkan kualitas pelayanan dengan indikator bukti langsung (tangibles), kehandalan (realibility), ketanggapan (responsivess), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan pelayanan jaminan kesehatan sudah baik dan memuaskan serta telah didukung oleh pelayanan dalam hal kedisiplinan petugas kesehatan, penyediaan sarana-sarana pendukung, kemudahan dalam pelayanan, dan kejelasan terkait pembiayaan. Penghambat dalam pelaksanaan pelayanan tersebut yaitu lambatnya proses pelayanan dengan jaminan kesehatan, belum adanya jaminan terhadap kepastian waktu dalam pelayanan, kurangnya penyuluhan atau sosialisasi untuk pergantian kartu jaminan kesehatan yang sudah tidak berlaku (Jamkesda) dan berdampak pada penolakan dalam menggunakan kartu jaminan kesehatan di puskesmas Kabupaten Bantul.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23143
      Collections
      • Department of Law

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV