ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGUSAHA MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis minat pengusaha mengenai
pengaruh religiusitas, pengetahuan, kualitas pelayanan, variasi produk, dan biaya
bagi hasil terhadap minat melakukan transaksi pembiayaan di bank syariah.
Berdasarkan teori perilaku konsumen (Consument Behavior) ada banyak faktor
yang mempengaruhi seseorang untuk memilih, memakai, dan berhenti memakai
suatu produk.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data diperoleh dari
kuesioner dengan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah
penguasaha yang menjadi anggota Komunitas PONDOK PRENEUR yang terdapat
di Surakarta. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 51 responden yang
dipilih secara tertentu. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16.0.
Hasil dari penelitian ini, pengetahuan dan variasi produk berperngaruh
terhadap minat pengusaha melakukan transaksi pembiayaan di bank syariah.
Religiusitas, kualitas pelayanan, dan biaya bagi tidak berpengaruh terhadap minat
pengusaha melakukan transaksi pembiayaan di bank syariah.