UPAYA PENCEGAHAN PEMANASAN GLOBAL SEBAGAI IMPLEMENTASI CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN, SIKAP, MINAT BERPERILAKU DAN PERILAKU PELAKU USAHA DAN PENGGUNA JASA BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR DI YOGYAKARTA
Abstract
Pemanasan global merupakan fenomena alam yang dampaknya dirasakan oleh seluruh umat manusia. Namun tidak semua masyarakat memperoleh informasi mengenai pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman, sikap, minat berperilaku dan upaya pengguna jasa bengkel di Yogyakarta dalam pencegahan pemanasan global. Disamping itu juga bertujuan untuk mengidentifikasi jenis media informasi yang digunakan oleh responden dalam memperoleh informasi
Responden penelitian dipilih dengan convenience sampling, dan pengumpulan data dengan menggunakan metode survei. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis kualitatif terhadap data yang diperoleh dengan kuisioner tertutup dan kuisioner terbuka.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pengguna jasa bengkel kendaraan bermotor mengenai pemanasan global secara umum dalam kategori baik. Sedangkan secara rinci pemahaman mengenai dampak pemanasan global, cara mengurangi gas rumah kaca, dan upaya untuk mengurangi gas rumah kaca penyebab pemanasan global dalam kategori sedang. Analisis sikap dan minat berperilaku pencegahan pemanasan global menunjukkan kategori baik. Analisis mengenai upaya atau perilaku yang dilakukan dalam pencegahan pemanasan global mayoritas responden adalah penanaman pohon, penghematan energi listrik, pengelolaan sampah, pengecekan emisi gas secara rutin, mengurangi kendaraan bermotor, dan menggunakan kendaraan ramah lingkungan yang telah lolos uji emisi gas buang. Media yang tepat untuk sosialisasi tentang pemanasan global adalah melalui televisi, internet, koran dan majalah.