View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN CALON INDEPENDEN RAMLAN-IRWANDI DALAM PILKADA KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2015

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (422.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (438.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (112.1Kb)
      ABSTRAK (439.9Kb)
      BAB I (579.5Kb)
      BAB II (800.7Kb)
      BAB III (750.2Kb)
      BAB IV (448.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (569.9Kb)
      LAMPIRAN (740.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (622.8Kb)
      Date
      2018-12-11
      Author
      NUZUL, YAYANG AULIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Munculnya calon independen dalam pemilihan kepala daerah di indonesia merupakan konsekuensi dari putusan MK NO.5/PUU-V/2007 tentang putusan dari perkara permohonan pengajuan UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah yang didalamnya berisis keputusan melegitimasi keberadaan calon perseorangan agar bisa maju dalam pemilihan umum kepala daerah meskipun tanpa partai politik. Dan kini masyarakat semakin pandai dalam menentukan referensi politiknya. Dapat dilihat dari terpilihnya calon independen menjadi walikota Bukittinggi pada Pilkada tahun 2015, sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui strategi apa yang dilakukan pasangan calon independen yang memenangkan Pilkada di Kota Bukittinggi tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana analisis dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui kajian dokumen yang didapatkan dari KPU Kota Bukittinggi dan pasangan calon independen Ramlan-Irwandi. Adapun teknik wawancara dari berbagai narasumber yaitu kandidat independen Ramlan-Irwandi dan tim relawan Ramlan-Irwandi. Hasil penelitian menunjukkan adapun strategi pemenangan pasangan calon independen Ramlan-Irwandi di analisis menggunakan teori marketing politik yakni 1) Pada variabel produk politik, pasangan calon independen menawarkan visi misi yang revelan dengan permasalahan yang ada ditengah masyarakat Bukittinggi. 2) Pada variabel promosi, terdapat 2 indikator pengukur yaitu melalui iklan (advertising) dan juga publikasi (Publicity), dalam indikator iklan (advertising) calon independen Ramlan-Irwandi menggunakan media cetak, media sosial, radio, btv, spanduk dan selebaran. Indikator selanjutnya adalah publikasi, adapun cara yang dilakukan tim elavan Ramlan-Irwadi adalah melakukan pendekatan persuasive. 3) Variabel selanjutnya adalah Price, Dalam penelitian ini harga ekonomi yakni berkaitan dengan dana kampanye calon independen yang berasal dari uang pribadi pasangan calon independen Ramlan Nurmantias, Adapun harga psikologi kedua pasangan calon independen merupakan putra asli Kurai Bukittinggi. 4) Variabel yang terakhir adalah place atau penempatan. Cara calon independen hadir dalam mendistribusikan pesan politiknya adalah dengan mendatangi rumah-rumah secara langsung (door to door).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23453
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV