View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MELALUI KMS-AS TERHADAP PENINGKATAN PERSONAL HYGIENE DAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      Main article (1.551Mb)
      Date
      2015-05-09
      Author
      HURIAH, TITIH
      AL FARISI, YUSUF
      HARKI, RAKA
      SATRIA, ANGGA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang kritis karena pada usia tersebut rentan terkena masalah kesehatan misalnya diare, sakit gigi, penyakit kulit dan sebagainya. Masalah kesehatan fisik tersebut pada umumnya dikarenakan karena kurangnya pengetahuan dan kurang pedulinya anak usia sekolah akan kebersihan diri (personal hygiene). Selain masalah personal hygiene, salah satu risiko masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah adalah masalah gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan personal hygiene dan status gizi pada siswa sekolah dasar di Kota Yogyakarta sebuah penelitian eksperimental dengan perlakuan berupa promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS selama 2 bulan. Penelitian yang dilakukan menggunakan kuasi eksperimen dengan rancang pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah dasar laki – laki dan perempuan kelas 4 dan 5 yang berjumlah 107 responden di SD Negeri Gedong Tengen serta seluruh siswa sekolah dasar laki – laki dan perempuan kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri Ngabean yang berjumlah 54 responden pada tahun ajaran 2014/2015. Intervensi promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS dilakukan dua minggu sekali selama dua bulan. Uji statistik yang dipakai pada analisis ini adalah t test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil bahwa pengetahuan dan perilaku tentang personal hygiene pada kelompok intervensi memiliki dari nilai p value 0,000 yang berarti p < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan pengetahuan setelah diberikan intervensi berupa promosi kesehatan melalui pemantauan kartu menuju sehat anak sekolah. Pada kelompok kontrol, pengetahuan dan perilaku tentang personal hygiene memiliki nilai 0,097 dan 0,425 yang berarti p > 0,05 sehingga pada kelompok kontrol memiliki makna tidak ada peningkatan yang signifikan. Pada variabel status gizi menunjukkan bahwa pada kelompok intervensi terdapat peningkatan nilai z score, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat peningkatan. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat peningkatan personal hygiene dan status gizi pada siswa sekolah dasar setelah diberikan intervensi promosi kesehatan melalui pemantauan Kartu Menuju Sehat Anak Sekolah (KMS-AS) selama 2 bulan dengan nilai p < 0,05. Saran untuk ilmu keperawatan, hasil penelitian ini diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut terkait personal hygiene di lingkungan sekolah, serta dapat menjadi masukan agar dapat mengaplikasikan dalam praktik keperawatan komunitas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2347
      Collections
      • JURNAL

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV