View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN SHOCHUUKYU KAIWA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (35.26Kb)
      HALAMAN JUDUL (109.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (399.3Kb)
      ABSTRAK (84.71Kb)
      BAB I (212.3Kb)
      BAB II (389.6Kb)
      BAB III (414.3Kb)
      BAB IV (89.39Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (187.0Kb)
      LAMPIRAN (766.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (303.8Kb)
      Date
      2018-12-18
      Author
      QURROTUAINI, NISRINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tarigan dalam Putra (2016:876) mengatakan bahwa, role play atau bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa terhadap suatu tokoh tertentu. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan role play di program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada mata kuliah Shochuukyuu Kaiwa, serta untuk mengetahui tanggapan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenai diterapkannya role play. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil data yang didapat melalui observasi, wawancara dan angket, bisa disimpulkan bahwa bahwa role play yang diterapkan pada mata kuliah shochuukyu kaiwa di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah role play tanpa naskah. Alur kegiatan pembelajarannya terdiri dari pembuka yang berisi pengucapan salam, review materi sebelumnya, dan penjelasan materi yang akan dipelajari. Bagian isi terdiri dari penjelasan tema, pembagian kelompok, diskusi dan penampilan. Pada bagian terakhir terdiri dari tanya jawab dan feedback. Respon pembelajar mengenai penerapan role play sangat baik. Suasana kelas terlihat hidup saat ini diterapkan. Hal ini didukung dari hasil data angket nomor dua. Sebanyak 94,7% pembelajar setuju bahwa role play membuat kegiatan pembelajaran terasa menyenangkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23471
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV